SIDANG KELILING

Sinabang, Senin (08/07/2019) Mahkamah Syar’iyah Sinabang mengadakan Sidang Keliling di Kecamatan Simeulue Tengah, yang pelaksanaannya bertempat di Desa Kampung Aie. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Mahkamah Syar’iyah Sinabang untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan, yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan.

Tim Majelis yang terdiri dari Win Syuhada, S.Ag. S.H., M.CL. sebagai Ketua Majelis, Khairul Badri, Lc. Sebagai Hakim anggota, dan sebagai Panitera Pengganti Ibu Rosnawati, SH sebagai jurusita Bapak Desri Musdianto serta dibantu oleh seorang admin dan driver. Pelaksanaan Sidang keliling dijadwalkan pada hari Senin, tanggal 08 Juni 2019 pukul 09.00 WIB bertempat di gedung KUA Desa Kampung Aie, Kecamatan Simeulue Tengah.

Suasana Pengambilan Sumpah Saksi Penggugat

Untuk tahap awal pelaksanaan sidang keliling, memang belum banyak perkara yang ditangani yaitu ada 1 perkara karena masyarakat belum banyak yang mengetahui informasi tentang sidang keliling ini. Diharapkan untuk kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan dengan adanya pelayanan sidang keliling yang dilaksanakan oleh Mahkamah Syar’iyah Sinabang.

Pelaksanaan dan tata cara sidang keliling persis seperti pada sidang di kantor Mahkamah Syar’iyah Sinabang, sidang dimulai jam 09.00, para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan nomor urut antrian. Jika para pihak datang semua, sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2016, mereka diharuskan menempuh mediasi lebih dulu, dengan Mediator yang telah disiapkan, tetapi jika salah satu pihak tidak hadir, maka sidang akan ditunda untuk memanggil para pihak supaya hadir pada sidang berikutnya.

Menurut para pihak yang mengajukan perkara melalui sidang keliling, bahwa pelaksanaan sidang keliling ini sangat membatu, karena perjalanan dari rumah ketempat sidang keliling jauh lebih dekat jika dibandingkan untuk bersidang di Kantor Mahkamah Syar’iyah Sinabang. Proses persidangan dan waktu tunggu juga tidak lama karena jumlah perkara yang disidangkan lewat sidang keliling tidak terlalu banyak.


Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *